Home » » Pengertian Jaringan Komputer Lengkap

Pengertian Jaringan Komputer Lengkap

Pengertian Jaringan Komputer - Jaringan komputer atau dalam Bahasa Inggris disebut computer network adalah hubungan antara dua atau lebih komputer yang saling bertimbal balik dalam satu kesatuan dengan tujuan untuk melakukan pertukaran data atau file menggunakan perangkat lunak, perangkat keras, dan bahkan berbagi kekuatan pemrosesan.

Jaringan komputer memiliki berbagai jenis, antara lain LAN, MAN, dan WAN yang penggunaannya dapat menggunakan beberapa topologi, seperti topologi ring, bus, tree, dan lain-lain. Selain itu, jaringan komputer memiliki sebuah jaringan yang sifatnya mendunia, yakni Internet. Internet dapat mendunia dengan menggunakan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) yang berguna untuk memudahkan publik melakukan akses komunikasi tingkat tinggi.

Pengertian Jaringan Komputer

Salah satu keutungan jaringan komputer adalah dapat menyimpan semua file dokumen, pustaka music, video, digital photos, dokumen lainnya di satu tempat yang bisa diakses secara sharing atau bahkan bisa diberikan suatu keamanan siapa yang boleh baca tulis, atau siapa yang dapat akses file tertentu. Nah, itulah Pengertian Jaringan Komputer secara umum dan spesifik. Semoga bermanfaat.
Bagikan Artikel Ini :