Home » » Sejarah Internet Lengkap

Sejarah Internet Lengkap

Sejarah Internet - Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa ditinggalkan bagi sebagian orang di dunia. Bahkan, pengguna internet di dunia saat ini sudah mencapai milyaran orang. Lihat saja, begitu banyaknya pengguna Facebook, penonton video YouTube, dan lain sebagainya. Berbicara mengenai sejarah internet, perkembangannya dimulai sejak kehadiran sebuah organisasi bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang didirikan pada tahun 1969.

Pada awalnya ARPANET hanya menyambungkan empat situs, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah, di mana mereka membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969. Dan pada Oktober 1972, ARPANET secara umum diperkenalkan. Beberapa lama kemudian, ternyata proyek ini mendapat dukungan dan berkembang pesat di seluruh wilayah negara tersebut.

Sejarah Internet


Sejarah Internet

Karena banyaknya universitas yang ingin bergabung di negara Amerika, maka ARPANET dibagi menjadi 2, yaitu MILNET dan ARPANET kecil. MILNET khusus untuk pengguna militer, dan ARPANET digunakan untuk pengguna non militer, seperti sekolah-sekolah universitas yang akan bergabung. Gabungan MILNET dan ARPANET ini akhirnya dikenal dengan sebutan DARPA Internet, yang kemudian disebut Internet agar lebih mudah diingat.


Perkembangan Internet

Internet telah melalui berbagai masa dan perkembangan yang sangat signifikan. Dalam perkembangannya yang hanya terbatas di Amerika Serikat, sekarang Internet bisa digunakan hingga seluruh dunia. Di dalam penggunaan Internet, terdapat beberapa protokol-protokol Internet yang digunakan, antara lain, TCF, DNS, IP, SSL, FTP, Telnet, HTTPS, HTTP, POP3, UDP, IMAP, dan SMTP. Beberapa layanan-layanan populer Internet yang menggunakan protokol-protokol tersebut adalah surel (surat elektronik) atau biasa di sebut email, Newsgroup, Usenet, File Sharing, IRC, WWW, dan sebagainya.

Beberapa yang disebutkan diatas, yang paling sering digunakan yaitu email dan WWW. Selain yang disebut diatas, Internet dapat digunakan untuk berhubungan antara dua pengguna atau lebih melalui aplikasi pengiriman pesan secara instan seperti YM, MSN, Camfrog, Facebook, Twitter, dan Pidgin atau beberapa aplikasi sejenis yang sekarang ini berkembang pesat.

Internet kini bisa kita rasakan manfaatnya. Dengan internet, kita bisa melakukan pelamaran kerja melalui E-mail, bisa melakukan obrolan secara online kepada teman yang sudah lama tidak bertemu, bisa melihat aksi sang idola melalui video YouTube, bisa berbagi status atau pengalaman melalui Facebook dan Twitter. Nah, itulah sekelumit Sejarah Internet yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Bagikan Artikel Ini :