Home » » Pengertian & Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian & Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer - Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Selain pengertian diatas, berikut ini adalah pengertian jaringan komputer menurut beberapa ahli.

Pengertian & Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer


  • Melwin Syafrizal (Amikom Yogyakarta)
Jaringan adalah himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).


  • Madcoms
Jaringan merupakan kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi.



  • Anwar dan Tantrina
Jaringan adalah sistem komputer dan printer, serta jalur data untuk penggunaan internet dan servernya


  • Andik Susilo
Jaringan adalah sebuah teknologi untuk menghubungkan beberapa komputer agar dapat bertukar informasi atau data dengan menggunakan media kabel.


Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara mengenai jaringan komputer memang tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya segala komponen yang saling terhubung, seperti komponen jaringan, yakni HUB, Switch, Router, dan lain sebagainya. Selain memiliki komponen yang beragam, jaringan komputer juga memiliki beberapa manfaat yang mungkin tidak kita sadari, berikut ini adalah manfaat dari jaringan komputer.

  1. Membagi sumber daya
  2. Realibilitas tinggi
  3. Menghemat uang
  4. Sarana komunikasi
  5. Keamanan data
  6. Sumber daya lebih efisien dan sebagai informasi terkini

Jaringan komputer memang memiliki peranan yang penting dalam pengaplikasian komputer sebagai perangkat yang memudahkan manusia. Demikianlah informasi mengenai pengertian jaringan komputer beserta manfaat dari jaringan komputer. Semoga bermanfat.
Bagikan Artikel Ini :